Cara Mudah Dan Praktis Membuat Tag Cloud Comulus/Melayang Di Blog


Mungkin sobat2 bertanya2 untuk memasang Tag Cloud Comulus di blog ,.. yah,,saya juga demikian .,,hehe . Karena,.. setelah di coba beberapa cara masih saja tidak berhasil atau tidak muncul kalau di save. Apalagi caranya lumyan rumit untuk diikuti,.. hmmm. Tapi kali ini Mas Bagoes menemukan cara yang praktis dan mudah untuk memasang barang satu ini,,he :) . Saya yakin berhasil karena saya sudah mencobanya,. ^^.

Tag cloud atau tag awan, sering juga disebut WP-Cumulus adalah sebuah kumpulan teks yang jika kursor diarahkan kepadanya maka tulisan-tulisan yang ada di dalamnya akan bergerak melayang-layang. Boleh jadi ini adalah sebuah hiasan pada sebuah blog, namun lebih dari itu, tag cloud digunakan sebagai tautan menuju sebuah kategori atau label yang dikehendaki.

Sudah menjadi sebuah kebiasaan bagi para blogger setiap kali membuat posting akan menentukan kategori atau label untuk postingnya itu. Tujuannya adalah agar pengunjung blog mudah mendapatkan artikel yang ia butuhkan dengan cara memilih ketegori yang telah di tentukan.



Blog ini adalah blog untuk mendownload template2 blog,, walaupun isinya baru sedikit,, tapi nanti juga jadi banyak,,,he. Label di blog ini cukup banyak sehingga dapat membuat tag comulus ini menjadi sedikit menarik.

Bagaimana cara membuatnya?...Tambahkanlah sebuah widget berjenis HTML/JavaScript dan masukkan code sperti ini, Mari kita kemon,,cekidot.. !! :


<embed quality="high" allowscriptaccess="always" flashvars="tcolor=0xff6600&amp;mode=tags&amp;distr=true&amp;tspeed=100&amp;tagcloud=&lt;tags&gt;

&lt;a href='http://denbagusehandoko.blogspot.com/search/label/2%20Columns'style='12'&gt;2 Columns&lt;/a&gt;

&lt;a href='http://denbagusehandoko.blogspot.com/search/label/3%20Columns'style='12'&gt;3 Columns&lt;/a&gt;

&lt;a href='http://denbagusehandoko.blogspot.com/search/label/Adapted'style='12'&gt;Adapted&lt;/a&gt;

&lt;a href='http://denbagusehandoko.blogspot.com/search/label/Ads%20Ready'style='12'&gt;Ads Ready&lt;/a&gt;

&lt;a href='http://denbagusehandoko.blogspot.com/search/label/Black'style='12'&gt;Black&lt;/a&gt;

&lt;/tags&gt;" type="application/x-shockwave-flash" src="http://www.roytanck.com/wp-content/plugins/wp-cumulus/tagcloud.swf" id="tagcloud" bgcolor="#000000" name="tagcloud" height="230" width="300&quot;></embed>


Perhatikan ini; " a href='http://denbagusehandoko.blogspot.com/search/label/2%20Columns ".Silahkan ganti "http://denbagusehandoko.blogspot.com" dengan URL situs anda dan "2%20Columns" dengan label yang anda inginkan. Anda juga bisa mengubah parameter-parameter lain seperti warna, kecepatan gerakan, juga tinggi dan lebar tag cloud. Simpan widget yang baru saja anda buat dan lihatlah sekarang anda telah memiliki tag cloud pada blog anda. Ini adalah cara praktis, tentu saja ada cara yang lebih rumit yang bisa anda coba. Yang perlu anda ingat, label yang ingin anda pasang pada tag cloud harus anda tentukan terlebih dahulu saat anda membuat sebuah artikel.

Catatan : Dalam menambahkan URL label anda jangan ada kesalahan sedikitpun,,apabila ada kesalahan seperti kurang kode atau salah copy,, tag cloud tidak akan mau bekerja optimal,, usahakn teliti sob :) .


Perhatian !!! Jika dengan cara meng copy paste code di atas namun tak dapat bekerja, silahkan download contoh code melalui link ini .

Selamat Mencoba ^^,,dan semoga berhasil !!